Jadwal MotoGP 2020 Marc Marquez
17/06/2020

Jadwal MotoGP 2020 Marc Marquez

By jordan smith

Jadwal MotoGP 2020 Marc Marquez

Jadwal MotoGP 2020 Marc Marquez

Jadwal MotoGP 2020 Marc Marquez , Sesudah penantian lebih dari pada tiga bulan, agenda baru MotoGP 2020 pada akhirnya dikeluarkan Dorna Sports. Satu agenda baru yang membuat Marc Marquez benar benar wajar diunggulkan jadi juara dunia. MotoGP 2020 akan dibuka di Circuit Jerez, Spanyol, 19 Juli akan datang. MotoGP 2020 mundur lebih dari pada empat bulan dari agenda awal, yang sebelumnya direncanakan diawali di MotoGP Qatar pada 8 Maret kemarin.

Ditengah tengah situasi epidemi virus corona yang terus memberikan ancaman, Dorna Sports memodifikasi kalender kejuaraan. Keseluruhan delapan seri balapan yang telah sah diurungkan: Qatar, Italia, Jerman, Belanda, Finlandia, Inggris, Jepang, serta Australia. Dalam agenda baru yang dikeluarkan Dorna Sports, keseluruhan ada 13 balapan MotoGP 2020 yang akan diadakan di teritori Eropa. Jumlah balapan musim ini dapat makin bertambah dengan empat balapan di luar Eropa yang dalam posisi menunda: Argentina, Amerika Serikat, Thailand, serta Malaysia. Lihat agenda baru MotoGP 2020, Marquez berkesempatan besar untuk menjaga titel juara dunia untuk 5 kali berturut turut serta merampas titel juara dunia MotoGP ke 7.

Circuit MotoGP Eropa 2020

Dari delapan circuit di Eropa yang dipakai untuk mengadakan balapan musim ini, hampir semuanya dalam perebutan Marquez. Cuma Circuit Red Bull Ring sebagai tuan rumah MotoGP Austria serta MotoGP Styria musim ini yang bukan dalam pegangan rider Repsol Honda itu. Walau belum pernah menang di Circuit Red Bull Ring, Marquez masih mempunyai catatan yang cukup impresif di circuit itu. Dalam tiga musim paling akhir Marquez finish di tempat kedua di MotoGP Austria serta tetap kalah dari rider Ducati.

Kecuali Circuit Brno, Marquez adalah juara bertahan di tujuh circuit tuan rumah MotoGP 2020: Jerez, Brno, Misano, Catalunya, Le Mans, Aragon, serta Valencia. The Baby Alien adalah juara bertahan di tujuh circuit itu pada MotoGP 2019 serta punyai rekor mengagumkan di semua circuit itu. Marquez jadi juara di Circuit Jerez pada 2014, 2018 serta 2019. Di Brno, Marquez juara pada 2017 serta 2019, juara 2015, 2017 serta 2019 di Misano, juara 2014 serta 2019 di Catalunya, juara 2014, 2018 serta 2019 di Le Mans, juara 2013, 2016 sampai 2019 di Aragon serta juara 2014 dan 2019 di Valencia. Dengan Jerez, Red Bull Ring, Misano, Aragon, serta Valencia dinyatakan mengadakan dua balapan. Karena itu kompetitor Marquez cuma mempunyai kesempatan besar menjadi juara pada dua balapan di Circuit Red Bull Ring. Selebihnya, Marquez hampir tentu jadi juara bila lihat perform si juara bertahan dalam beberapa musim paling akhir.

Penguasa Luar Eropa

Bila seri balapan MotoGP 2020 makin bertambah di luar Eropa, Marquez masih patut diunggulkan jadi juara dunia musim ini. Masalahnya Marquez juara bertahan di MotoGP Argentina serta MotoGP Thailand. Marquez memang tidak berhasil finish di MotoGP Amerika Serikat musim kemarin, tetapi telah jadi rahasia umum balapan di Negeri Paman Sam ialah punya The Baby Alien. Sebelum tidak berhasil finish di 2019, Marquez tetap menang di Amerika Serikat semenjak promo ke MotoGP pada 2013. Disamping itu musim kemarin Marquez cuma dapat finish kedua di MotoGP Malaysia. Tetapi Marquez punyai rekor empat finish tribune di Circuit Sepang, termasuk juga 2 kali menang pada 2014 serta 2018.

Semua catatan di atas membuat Marquez benar benar wajar dikatakan sebagai favorite juara dunia MotoGP 2020. Serta berkesempatan kembali lagi membuat musim ini berjalan menjemukan atau tanpa ada kompetisi bermakna. Musim kemarin Marquez pastikan titel juara dunia MotoGP di GP Thailand, waktu musim masih tersisa empat seri. Kesempatan MotoGP 2020 berjalan ramai masih ada, ditambah sesudah Yamaha memimpin jalannya tes pramusim melalui Maverick Vinales serta Fabio Quartararo. Tetapi, Marquez tetap dapat bangun waktu musim berjalan serta membuat surprise. Surprise itu dapat kembali lagi berlangsung musim ini.

Cara Mengalahkan Marc Marquez MotoGP 2020

Stoner yang pensiun dari MotoGP selesai musim 2012 memandang ada satu langkah untuk menaklukkan Marquez di MotoGP 2020, yaitu paksa The Baby Alien lakukan kekeliruan. “Tidak mungkin menaklukkan Marquez memakai style balap ia, tidak ada yang dapat lakukan hal tersebut lebih bagus dibanding Marquez. Lebih bagus mencari langkah di ruang lain, langkah anda sendiri,” tutur Stoner. “Marquez dapat juga lakukan kekeliruan, jadi aku pikirkan langkah paling baik untuk menaklukkannya ialah mendapatkan lap cepat diawalnya balapan supaya ia memburu anda. Dengan memaksakan ia ambil efek, anda membuat Marquez tidak nyaman serta ia dapat membuat kekeliruan,” sebut Stoner.

Selanjutnya Stoner menjelaskan beberapa lawan Marquez harus dapat mengganti style membalap bila ingin menaklukkan Marquez. Sejauh ini belumlah ada rider yang dapat menaklukkan Marquez secara mereka pakai. “Beberapa rider begitu bangga, mereka ingin sepeda motor yang menyesuaikan dengan mereka. Tetapi, semakin gampang untuk mengganti diri kita. Menyesuaikan dapat jadi langkah yang bertambah cepat. Bila anda ingin menaklukkan Marquez, anda harus hadapi kekurangan diri kita,” sebut Stoner.

Baca Juga : Jadwal MotoGP 2020 Menanti Keputusan